Cara Berhemat di Tengah Pandemi Corona


Rasanya sudah hampir tiga bulan kita tidak melakukan kegiatan di rumah, yang bertujuan untuk membantu mencegah penyebaran epidemi pandemi covid-19, yang semakin meningkatkan jumlah orang yang terinfeksi.

Bukan hanya berita buruk tentang kesehatan, tetapi di luar sana ada banyak berita buruk lainnya yang berkaitan dengan sektor bisnis, banyak pekerja yang diberhentikan, bahkan ketika menuju Idul Fitri banyak para pekerja yang tidak mendapatkan Tunjangan Hari Raya atau ditunda.

Semakin lama dampak covid-19 semakin terasa di berbagai sektor, meskipun segala aktivitas lebih sering dilakukan di rumah, ternyata juga mempengaruhi pengeluaran, misalnya kita lebih sering mengakses segala sesuatunya secara online.

Lalu bagaimana cara menjaga isi dompet di tengah pandemi yang belum jelas kapan akan berakhir. Apa bentuk keuangan yang direkomendasikan? Berikut adalah 10 adaptasi keuangan yang disarankan oleh perencana keuangan Ruisa Khoiriyah, dikutip dari situs webnya, Selasa (16/6/2020).

1. Berhenti Berlangganan dari Netflix dan HBO GO


Adaptasi cara finansial ini dengan memotong pengeluaran untuk langganan seperti Netflix dan HBO GO jika Anda hanya menonton satu atau dua kali, lebih baik berhenti daripada membuang-buang waktu. Jangan hanya karena Anda penasaran dengan film maka Anda langsung berlangganan. Anda dapat menemukan cara untuk melakukan streaming film secara gratis.

2. Turunkan Paket Telepon Pascabayar


Jika Anda sebelumnya telah berlangganan paket telepon pascabayar, Segera alihkan paket Anda ke paket yang lebih murah daripada yang Anda gunakan saat ini, hal ini tentu saja bertujuan untuk menghemat uang. Terutama jika Anda sudah memiliki Wi-Fi di rumah Anda, Anda tidak perlu lagi memakai paket telepon pascabayar, Anda dapat menggunakan Wi-Fi di rumah.

3. Tutup Kartu Kredit Visa Platinum


Kemudian adaptasi keuangan menutup kartu kredit Platinum platinum jika Anda jarang menggunakan kredit. Anda dapat mencari kartu kredit dari bank lain yang lebih baik dan tentu saja memberikan hadiah (penghargaan).

Menutup kartu kredit visa platinum harus mudah jika Anda tidak memiliki angsuran, hanya saja proses penutupannya sedikit rumit, Anda harus menghubungi layanan pelanggan beberapa kali, dan menyelesaikan proses penutupan.

4. Menunda Pengeluaran untuk Rumah


Cobalah untuk tidak tergoda oleh orang-orang yang memberikan testimoni bahwa Anda membeli peralatan rumah tangga yang Anda beli melalui pasar. Karena itu bisa berdampak buruk bagi pengeluaran Anda, yang sebenarnya Anda belum tentu sangat membutuhkan barang-barang ini.

Sangat penting untuk terlebih dahulu mempertimbangkan barang apa yang ingin Anda beli, jika kemungkinan barang lama yang Anda miliki masih cocok untuk digunakan maka jangan membeli barang baru. Jika tidak ada kekhawatiran tentang dampak jangka panjang pandemi, mudah untuk mengikuti pengeluaran yang kurang penting.

"Tetapi adaptasi keuangan sekarang lebih penting demi nafas finansial yang lebih panjang di masa depan," kata Ruisa.

5. Berhenti Berlangganan dari E-paper


Tentunya Anda bosan membaca informasi tentang covid-19. Anda dapat berhenti berlangganan dari E-paper dan beralih ke mesin pencari google secara langsung dan gratis. Misalnya, Anda berlangganan majalah mingguan yang harganya Rp. 50 ribu, jadi jika Anda berhenti, Anda dapat menghemat Rp. 50 ribu dan dapat mengalokasikan uang untuk hal-hal yang lebih penting.

6. Membatasi Cemilan Go-Food dan Grab Food


Memang, layanan pengiriman makanan melalui aplikasi banyak permintaan, karena rasanya mudah dan Anda tidak perlu repot keluar rumah untuk membeli makanan secara langsung, cukup pilih makanan yang diinginkan melalui aplikasi, dan makanan akan dikirim langsung ke rumah Anda, sangat sederhana.

Namun, jika Anda menggunakan aplikasi layanan makanan terlalu sering, maka Anda akan boros, karena selain membeli makanan ada juga biaya tambahan untuk layanan pengiriman. Untuk menghemat uang, Anda dapat mempertimbangkan membeli makanan atau minuman yang benar-benar Anda inginkan, tidak terlalu sering, mencoba mengendalikannya. Mungkin jika Anda bisa, lebih baik membuat makanan atau minuman sendiri di rumah.

7. Menghapus Posting Snack Akhir Pekan


Biasanya sebelum ada pandemi, banyak orang menghabiskan akhir pekan mengunjungi restoran dan mal untuk makan bersama keluarga, kerabat, pacar, teman, dan lainnya. Namun kehadiran covid-19 membuat Anda takut untuk membeli makanan di luar dan makan langsung di tempat, terutama sekarang karena banyak mal dan restoran masih tutup dan jam operasional terbatas. Jadi mau tidak mau Anda bisa menghemat uang secara tidak langsung.

8. Mulai Tanam


Mungkin sebelum ada pandemi Anda tidak punya waktu untuk bercocok tanam di rumah, tetapi setelah hidup-19 Anda punya banyak waktu luang yang bisa Anda gunakan saat di rumah, salah satunya dengan menanam. Pada saat yang sama menghemat pengeluaran untuk belanja sayur ke pasar. Anda dapat menanam tanaman dengan cara hidroponik.

"Alih-alih bolak-balik ke pasar untuk mengacaukan upaya jarak fisik menjadi menakutkan-19, jadi cobalah menanamnya sendiri," katanya.

9. Membatasi Belanja Mainan Anak


Bagi seorang ibu rumah tangga tentu sangat tertantang untuk membuat bayi di rumah sendirian. Untuk memanjakan mereka, Anda membeli banyak mainan, tetapi sebenarnya Anda tidak harus membeli mainan, Anda dapat mengundang anak Anda untuk melakukan kegiatan bersama Anda. Misalnya mengundang mereka untuk membantu Anda memasak, membuat kue, dan sebagainya, sehingga anak-anak memiliki pengalaman baru dengan Anda sebagai seorang ibu, yang tentu saja Anda tidak perlu membeli banyak mainan.

10. Menunda Pengeluaran Tersier


Adaptasi yang juga penting dilakukan adalah menunda berbagai jenis pengeluaran tersier. Apa pun? Banyak, misalnya, membeli pakaian, jilbab, tas, sepatu, dan lainnya. Meski kita tahu banyak diskon online, karena penjual juga butuh penghasilan di tengah pandemi ini dengan memberikan berbagai promo menarik.

Namun, Anda jangan mudah tergoda, Anda harus berkomitmen untuk menunda belanja fashion dan lainnya. Pikirkan hal lain, masih ada kebutuhan yang lebih mendesak daripada kebutuhan tersier.

Belum ada Komentar untuk "Cara Berhemat di Tengah Pandemi Corona"

Posting Komentar

ADS-1

ADS-2

ADS-3

ADS-4