NIK (Nomor Induk Kependudukan) sangat penting bagi warga negara Indonesia untuk mengetahui identitas seseorang. NIK adalah 16 nomor unik yang dapat ditemukan pada kartu ID, misalnya Kartu Tanda Penduduk atau yang biasa kita sebut KTP.

NIK biasanya diperlukan ketika mencoba untuk membuka rekening tabungan, membuat paspor, atau melakukan kegiatan administrasi lainnya. Karena itu, semua orang harus tahu bahwa NIK mereka masih valid atau tidak.

Jika tidak valid, semua orang harus melakukan pemulihan NIK. Untuk mengetahui apakah 16 angka ini masih valid atau tidak, berikut ini cara memeriksa NIK online:

A. Cara cek NIK online lewat telepon dan WhatsApp


Telepon dan WhatsApp adalah salah satu alternatif untuk cek NIK secara online. Bagi yang ingin mencoba telepon, mereka dapat menghubungi 1500537. Sementara bagi mereka yang ingin mencoba WhatsApp atau SMS, mereka dapat mengirim pesan ke 08118005373 dalam format:

#NIK
#Nama_Lengkap
#Nomor_Kartu_Keluarga
#Nomor_Telp
#Keluhan

B. Cara cek NIK online lewat Facebook atau Fb dan Twitter


Alternatif lain untuk memeriksa NIK online adalah menggunakan obrolan pribadi di Facebook dan Twitter. Akun yang dapat dihubungi adalah Halo Dukcapil untuk Facebook dan @ccdukcapil untuk Twitter. Layanan NIK adalah bagian dari tugas utama Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri.

C. Cara memeriksa NIK online melalui email


Pilihan selanjutnya adalah memeriksa NIK secara online melalui email di callcenter.dukcapil@gmail.com. Format email harus ditentukan oleh pemerintah, yaitu #NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan. Email balasan akan memberikan informasi tentang apakah nomor NIK masih valid atau tidak.

Cara memeriksa NIK online tersebut dapat dilakukan dengan mudah dan sederhana. Selain itu, diharapkan proses administrasi kependudukan tidak akan sulit.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya