Pernahkah Anda sehabis berenang atau mandi. Lalu, Anda merasakan telinga tersumbat karena kemasukan air. Bagaimana cara menghilangkannya dengan aman dan telinga tetap sehat?

Intinya, kondisi ini jangan dibiarkan terlalu lama. Jika Anda tidak segera mengobatinya, kondisi ini dapat diakhiri dengan infeksi yang dikenal sebagai infeksi telinga eksternal, seperti dikutip dari halaman webmd.com, Selasa (7/7/2020).

Ketika air berada di saluran telinga, bakteri yang hidup di sana dapat berkembang biak dan menyebabkan infeksi.

Tetapi Anda harus membuang air yang ada dalam telinga Anda dengan aman. Jika gendang telinga atau tabung di telinga robek, Anda harus lebih berhati-hati tentang bagaimana telinga mengering.

Pertama, keringkan telinga Anda bagian luar dengan handuk atau kain. Jangan memasukan kain kedalam telinga Anda, angkat kepala Anda ke satu sisi untuk membantu mengalirkan air keluar telinga.

Tarik cuping telinga Anda dengan lembut. Ini akan meluruskan saluran telinga Anda dan membantu mengalirkan air. Gunakan pengering rambut di tingkat pengaturan minimal dan letakkan di dekat telinga yang kemasukan air. Pegang setidaknya dengan jarak satu meter.

Selain itu, dalam situasi ini, Anda juga diharuskan menghindari penyeka kapas. Karena alat ini benar-benar dapat menghilangkan lilin yang melindungi telinga Anda, mengganggu bakteri alami di saluran telinga, atau mengiritasi kulit halus saluran telinga.

Jangan letakkan jari atau kuku di telinga Anda untuk menggaruk kulit saluran telinga yang lembut. Jangan gunakan hidrogen peroksida atau tetes pengeringan.

Tips Lain

Menguap dan mengunyah dapat membantu menghilangkan air dari saluran telinga dengan mudah. Ini membuat telinga tengah tertekan, sehingga memindahkan cairan ke dalam telinga.

Garam dikenal karena kemampuannya yang hebat untuk menyerap kelembaban. Selain itu, dapat digunakan tanpa risiko. Berikut caranya:
  • Panaskan satu sendok makan garam dalam microwave.
  • Masukkan garam ke dalam handuk katun.
  • Letakkan kain yang sudah dimasukin garam tersebut di atas telinga Anda selama lima menit. Ulangi seperlunya.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya