Merasakan Gempa Saat Mengemudi, Apa yang Harus Anda lakukan?


Gempa bumi sering membuat pengemudi cemas. Jika Anda merasa ketika mengendarai gempa bumi bergetar, apa yang harus Anda lakukan?

Mengutip halaman resmi Auto2000, hal utama ketika Anda merasakan gempa saat mengemudi bukanlah panik dan emosi harus tetap terkendali. Tetap mengemudi dengan tenang dan fokus pada kondisi jalan di sekitarnya.

Padahal, saat berkendara, goncangan gempa bisa diserap melalui sistem suspensi kendaraan. Kecuali pada skala gempa yang sangat besar, Anda mungkin merasakannya.

Auto2000 menulis: "Jangan panik ketika mobil bergetar tanpa kendali dan tetap fokus pada kondisi jalan di depan Anda. Perhatikan kondisi sekitar, seperti pohon atau lampu lalu lintas yang bergetar secara tidak normal."

Jika Anda melihat pohon atau sesuatu yang bergoyang tidak normal akibat gempa bumi, pelan-pelan pelan. Jangan tiba-tiba mengerem, karena akan membahayakan pengemudi yang tepat berada dibelakang Anda..

"Awasi situasinya, jika tidak ada masalah serius seperti jalan retak atau lalu lintas yang kacau, Anda dapat melanjutkan perjalanan. Tetapi jika itu tidak aman, lebih baik untuk berhenti."

Halaman Top Gear menunjukkan bahwa mobil dijauhkan dari tiang listrik, kabel listrik, dan bangunan. Jangan berhenti di bawah jembatan atau jembatan layang. Pastikan Anda berdiri dalam posisi stabil. Tutup mobil dan tunggu sampai aman.

Jika Anda ingin menarik, nyalakan lampu hazzard. Perhatikan kondisi sekitar dan waspadai bangunan tinggi atau pohon yang berisiko jatuh.

Tunggu situasi menjadi sunyi dan pastikan semua penumpang dalam kondisi baik. Perhatikan juga kondisi mobil, karena mungkin ada kerusakan yang tidak terlihat akibat kepanikan.

Perbarui situasi saat ini. Jika Anda berada di dekat pantai, temukan kemungkinan tsunami. Jika ternyata itu peringatan tsunami, menjauhlah dari area pantai. Jika memungkinkan, Anda masih bisa menggunakan mobil. Selalu pastikan untuk memprioritaskan berkendara yang aman dan mengendalikan emosi Anda supaya tidak timbul masalah baru yaitu kecelakaan.

Tetapi jika itu tidak mungkin, seperti jalan yang rusak parah akibat gempa bumi atau lalu lintas yang kacau, segera tinggalkan mobil dan cari gedung-gedung tinggi yang masih aman. Berlindunglah di tempat yang cukup tinggi sampai peringatan tsunami ditarik. Nyawa Anda lebih penting, jangan memaksakan diri untuk menyelamatkan mobil.

Belum ada Komentar untuk "Merasakan Gempa Saat Mengemudi, Apa yang Harus Anda lakukan?"

Posting Komentar

ADS-1

ADS-2

ADS-3

ADS-4