Tips Sukses Melangkah Mencari Pekerjaan


Mencari pekerjaan tidak mudah, terutama di tengah-tengah epidemi COVID-19 seperti saat ini. Pencari kerja harus dapat menemukan peluang yang tepat untuk bersaing dengan kandidat lainnya.

Untuk alasan ini, dibutuhkan keseriusan dalam perencanaan untuk mencari pekerjaan dan mengambil langkah proaktif selama proses pencarian. Pencari kerja harus memiliki kelebihan sampai mereka akhirnya mendapatkan pekerjaan impian.

Dihimpun dari Jobstreet.com, berikut adalah 5 tips untuk berhasil menemukan pekerjaan:

1. Mendefinisikan Keterampilan dan Minat dengan Jelas


Secara umum, pencari kerja yang tidak berpengalaman serta banyak kandidat berpengalaman akan segera mencari pekerjaan hanya berdasarkan gelar pendidikan terakhir mereka atau tingkat pekerjaan terakhir mereka. Namun pada kenyataannya, sementara posisi pekerjaan didefinisikan secara luas, akan lebih baik jika Anda mengidentifikasi aset, keterampilan, dan minat terbaik sebelum Anda mulai mencari pekerjaan.

Hanya karena Anda memiliki gelar sarjana di bidang Teknologi Informasi (TI) tidak berarti Anda harus bekerja sebagai administrator sistem atau spesialis dukungan teknis. Ada berbagai pekerjaan untuk dipilih, selama Anda dapat dengan jelas mendefinisikan keterampilan dan minat Anda.

Mulailah dengan bertanya pada diri sendiri, "Di bidang apa saya benar-benar hebat? Apa yang paling saya sukai? Apa hal paling berharga bagi saya?" Dengan bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan ini, Anda dapat menyingkirkan keraguan tentang apa yang ingin Anda lakukan dan mulai menemukan arah dalam pencarian pekerjaan Anda.

2. Buat CV yang menonjol


Banyak kandidat meremehkan betapa pentingnya CV yang ditulis dengan baik. Pikirkan baik-baik tentang isi CV Anda. Jika Anda ingin menonjol dari kandidat lain, mempunyai CV yang terorganisir dengan baik adalah solusi yang tepat untuk mendapatkan hal tersebut..

Jika Anda masih dalam tahap awal mencari pekerjaan, akan sangat membantu untuk memiliki master CV yang dapat Anda sesuaikan sesuai dengan jenis pekerjaan atau pekerjaan yang Anda lamar. Daripada membuat beberapa versi CV dari awal, Anda bisa mendapatkan satu CV utama yang dapat dengan mudah diubah menjadi sesuatu yang berbeda kapan pun Anda membutuhkannya.

Ada banyak cara untuk menulis CV. Yang perlu diingat adalah bahwa CV adalah kesempatan pertama Anda untuk membuat kesan pertama yang baik. Yang paling penting, resume Anda harus dapat mencerminkan kepribadian Anda, tetapi pada saat yang sama menyoroti keterampilan khusus dan pengalaman yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Salah satu tren paling populer saat ini adalah memiliki komponen visual / grafik dalam resume Anda, jadi alih-alih hanya berisi teks, resume Anda juga dilengkapi dengan elemen visual seperti grafik, tipografi, gambar, dan bahkan bagan. Tetapi pada akhirnya, esensi dari semua komponen ini adalah esensi dari CV atau isinya. Anda dapat memakai CV Anda seperti yang Anda inginkan, tetapi Anda harus memastikan bahwa CV berhasil menyampaikan pesan yang ingin Anda komunikasikan dengan jelas.

3. Menyusun Strategi untuk Menemukan Pekerjaan


Setelah Anda mengidentifikasi keterampilan dan minat Anda dan membuat resume yang berbeda, sekarang saatnya untuk mulai mencari pekerjaan.

Sebagai permulaan, jika Anda tidak memiliki jaringan profesional yang luas, lakukan pencarian di internet. Saat membuat akun di "storyboard" online, pastikan profil Anda dimuat penuh. Sebagian besar papan kerja online memiliki fitur penyaringan untuk membantu Anda mengidentifikasi pemberi kerja potensial sesuai dengan bidang minat dan / atau wilayah geografis Anda. Maksimalkan semua fitur yang tersedia untuk membantu Anda menemukan peluang kerja terbaik.

Ketika Anda mulai mengatur lowongan yang ingin Anda lamar, ingatlah untuk melamar posisi di mana posisi yang Anda lamar memiliki kontribusi penting bagi perusahaan. Sekali lagi, inilah mengapa sangat penting untuk mendefinisikan keterampilan dan minat Anda. Ini akan mencegah Anda melamar pekerjaan yang tidak cocok dengan Anda.

4. Lakukan Pencarian Terlebih Dahulu Mengenai Perusahaan


Jika Anda berasumsi bahwa Anda mulai mengirimkan surat lamaran dan menerima satu atau dua undangan wawancara dari perusahaan tempat Anda melamar, maka inilah saatnya untuk melakukan riset.

Ketika Anda memiliki jadwal wawancara kerja, baik melalui telepon atau secara langsung (tatap muka), sangat penting bagi Anda untuk memiliki pengetahuan besar tentang pekerjaan dan perusahaan yang Anda lamar untuk membuat kesan pertama yang baik.

Pencarian Anda harus substantif dan mendalam, dan bukan hanya Pencarian Cepat Google. Ini termasuk mengunjungi situs web perusahaan, menelusuri artikel terkait berita terbaru dan bahkan melihat profil karyawan mereka saat ini.

Tetapi hal yang paling penting untuk menemukan informasi tentang perusahaan adalah mengetahui cara menggunakan informasi yang dikumpulkan dengan tepat. Cara terbaik untuk mengambil keuntungan dari informasi Anda adalah dengan mengumpulkan contoh pertanyaan wawancara dengan jawaban yang disesuaikan dengan apa yang Anda teliti tentang perusahaan.

Misalnya, jika perusahaan meluncurkan produk baru dan melamar posisi penjualan atau pemasaran, Anda dapat menyebutkan beberapa saran untuk bagaimana memposisikan produk di sektor pasar.

5. Melakukan Latihan Wawancara


Penting untuk membahas beberapa aspek wawancara, yang meliputi menjawab pertanyaan umum seperti "beri tahu kami tentang diri Anda" atau "mengapa kami harus mempekerjakan Anda?"

Untuk beberapa kandidat yang lebih berpengalaman, jawaban atas pertanyaan wawancara ini dapat datang secara alami mengingat jumlah wawancara kerja yang telah mereka lewati. Tetapi jika Anda adalah pencari kerja yang tidak berpengalaman, sangat penting untuk dapat mempersiapkan jawaban atas beberapa pertanyaan wawancara yang paling umum serta beberapa pertanyaan yang tidak terduga.

Persiapan yang cermat akan membantu Anda dengan cara yang tidak terduga selama wawancara, jadi selalu ingatlah untuk mempersiapkan wawancara kerja. Setelah menyelesaikan jawaban Anda untuk pertanyaan yang mungkin ditanyakan pewawancara, gunakan sisa waktu yang tersedia untuk mempraktikkan koneksi. Cara Anda berbicara dan nada suara Anda sangat penting, terutama dalam wawancara telepon. Keduanya menunjukkan tingkat kepercayaan diri dan pengetahuan Anda.

Jika Anda menghadiri wawancara tatap muka, cobalah untuk lebih peka terhadap gerakan tubuh Anda saat berbicara. Tanda terima, nada, dan gerak Anda mencerminkan tingkat profesionalisme Anda dan akan sangat meningkatkan peluang Anda untuk mencari pekerjaan.

Belum ada Komentar untuk "Tips Sukses Melangkah Mencari Pekerjaan"

Posting Komentar

ADS-1

ADS-2

ADS-3

ADS-4