Pernyataan mengejutkan disampaikan Presiden Joko Widodo saat memberi sambutan secara virtual di acara puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-22 PAN. Jokowi menyebut ada sejumlah pihak yang terusik jika perubahan besar terjadi di negeri ini.

Mereka terusik, kata Jokowi, adalah yang sudah lama menikmati zona nyaman, baik secara ekonomi maupun status.

“Reformasi sekarang ini tidak mudah, karena sudah terlalu banyak orang yang menikmati situasi yang enak dan nyaman, secara ekonomi maupun status. Sehingga merasa terusik jika dilakukan perubahan," ujar Jokowi dalam sebuah video yang dipertontokan di area puncak HUT ke-22 PAN di Jalan Amil No.7, Jakarta Selatan, Minggu (23/8).

Namun demikian, Jokowi tidak gentar melakukan perubahan. Dia memastikan bahwa semua ruang kompetisi akan dibuka lebar untuk semua bidang. Dengan begitu, Indonesia bisa tumbuh menjadi bangsa yang memiliki daya saing tinggi.

"Kita ambil peluang krisis ini untuk melakukan lompatan, kesempatan mengejar ketertinggalan kita di saat negara maju mengalami kemunduran. Kesempatan membenahi berbagai kelemahan fundamental," paparnya.

Oleh sebab itu, Jokowi mengajak seluruh kader PAN untuk bersama pemerintah bergerak serentak mendobrak semua tantangan dan melakukan langkah perbaikan secara luar biasa.

"Saya percaya PAN sejalan dengan semangat pemerintah yang sedang dijalankan. Kita lakukan lompatan kemajuan untuk menuju Indonesia maju yang kita cita-citakan," tandasnya. (Rmol)

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya