Disuntik Vaksin Sinovac, Ridwan Kamil Mengaku Pegal-pegal


Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil telah disuntik vaksin Covid-19 dalam rangka uji klinis produksi Sinovac di Puskesmas Garuda, Kota Bandung.

Tidak sendirian, Ridwan disuntik vaksin bersama Kapolda Jabar Irjen Rudy Sufahriadi, Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto dan Kepala Kejaksaan Tinggi Jabar Ade Adhyaksa.

Keempatnya, menjalani tahap kedua rangkaian uji klinis vaksin Covid-19 buatan Sinovac tersebut selama 2 jam.

“Alhamdulillah saya sebagai relawan bersama Pak Kapolda, Pak Pangdam, Pak Kejati mewakili Forkopimda selama 2 jam tadi dari jam 1 melaksanakan pengetesan vaksin,” ucap Emil, sapaan akrabnya, dilansir dari Kantor Berita RMOLJabar, Jumat (28/8).

Emil mengungkapkan, dirinya banyak melakukan prosedur yang sangat ketat dimulai dengan pengambilan darah, pemeriksaan bagian dada dan paru-paru untuk memastikan tidak ada hal-hal yang nanti berhalangan terkait penyuntikan.

“Dan puncaknya adalah kami disuntik dosis. Khusus untuk saya, Pak Pangdam dan Pak Kejati itu disuntiknya di sebelah kiri tapi Pak Kapolda di sebelah kanan,” ungkapnya.

Diakui Emil, setelah 5 menit penyuntikan dirinya merasakan pegal-pegal. Namun, setelah itu kembali normal lagi.

“Setelah disuntik, testimoni pribadi saya agak pegal-pegal, agak nyut-nyutan selama 5 menit tapi kalau beliau-beliau mungkin lebih kuat tapi setelah itu semua terlihat normal walaupun ada sedikit baal di sebelah kiri,” katanya.

Selama 14 hari ke depan, kata Emil, dirinya harus melaporkan anomali-anomali kenaikan suhu yang secara tiba-tiba.

“Kami diberi kartu sebesar kertas Hvs di dalam kartunya kami harus melaporkan suhu secara rutin. Ada sekitar 9 potensi reaksi yang harus dilaporkan jika terjadi dari yang gejala ringan sampai mungkin gejala yang agak berat dan itu rutin diisi setiap hari,” tandasnya. (Rmol)

Belum ada Komentar untuk "Disuntik Vaksin Sinovac, Ridwan Kamil Mengaku Pegal-pegal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel