Loyalis Amien Rais, Chandra Tirta Wijaya menyebut banyak kader PAN yang siap pasang badan untuk 'PAN Reformasi'. Ia juga mengungkap Amien Rais akan angkat bicara menyusul isu akan dibentuknya partai sempalan PAN itu.
"Belum pasti (kalau nama PAN Reformasi), yang menguat PAN Reformasi, nanti apakah PAN Reformasi atau bukan, tapi yang menguat PAN Reformasi," ujar Chandra dalam perbincangan dengan detikcom, Sabtu (5/9/2020).

Menurut Chandra, persiapan kubu Amien Rais membentuk partai baru terus berjalan. Deklarasi direncanakan akan digelar bulan Desember nanti.

Persiapan cukup sangat bangus, kita lihat timingnya, kita lihat kondisi COVID ini yang bagus gimana. Jangan sampai disalahkan masyarakat. Tapi, minimal Desember, paling cepat Desember akan deklarasi," sebut Chandra.

Amien Rais rencananya akan berbicara mengenai PAN Reformasi, yang dibentuk atas dasar kekecewaan terhadap pimpinan PAN itu. Hanya saja Chandra belum memastikan kapan pendiri PAN tersebut akan angkat bicara.

"Tunggu Minggu ini, Minggu depan, pak Amien akan berikan narasi yang cukup komprehensif, masalah partai ini," tuturnya.

Salah satu DPW yang menyatakan dukungan untuk PAN Reformasi adalah DPW PAN Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Namun menurut Chandra, ada beberapa yang berani memberikan dukungan untuk Amien.

"Sebenarnya banyak, berani, yang sudah menyatakan sikap, seperti DPW Sulbar tapi sudah mengundurkan diri dari PAN nya, yang lain kan masih belum mengundurkan diri lah. Ada Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah. banyak yang lain tapi nanti lah jangan disebutkan sekarang," sebut dia.

Ada yang menyebut PAN Reformasi akan layu sebelum berkembang. Chandra kemudian mempersoalkan mengenai tokoh-tokoh di PAN, termasuk pimpinan DPW, yang kemudian dicopot dari posisinya oleh DPP lantaran memberi dukungan ke Amien Rais.

"Ya, terang aja, kalau disebut dipecat sama mereka orang-orang. orang-orang itu kan kalau disebut kan dipecat, kasihan. Yang berani pasang badan Yogya, Sulawesi Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah," jelas Chandra.

"Banyak kader yang bisa menjalankan partai baru ini. ada jutaan yang mampu," imbuhnya.

Ditanya mengenai anggota DPR atau DPRD dari Fraksi PAN yang akan bergabung dengan PAN Reformasi, Chandra mengimbau agar untuk menahan diri. Menurut dia, lebih baik mereka yang setia kepada Amien Rais untuk tetap bertahan berada di PAN sebab sebagai partai baru nantinya, PAN Reformasi masih memerlukan waktu untuk bisa berada di DPR.

"Mereka kita harapkan, mengabdi dulu lah, jangan sekarang, mereka kan dipilih oleh konstituen segala macam. Kecuali punya prinsipil sekali, kita serahkan ke mereka masing-masing. Tapi kita sarankan mereka selesaikan tugas dulu yang baik sebagai anggota dewan sebagai pengurus kalau baru terpilih," ucap Chandra.

Seperti diketahui, kubu Amien Rais disebut akan membentuk PAN Reformasi. Ini lantaran perbedaan politik Amien yang tidak lagi sejalan dengan DPP PAN.(dtk)

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya