Partai Majelis Syura Muslimin Indonesia (Masyumi) disarankan mendaulat Ustaz Abdul Somad (UAS) untuk menjadi Ketua Umum Partai.

Demikian disampaikan Direktur Eksekutif Indopolling Network, Wempy Hadir saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (10/11).

Menurut Wempy, sebagai partai Islam yang memiliki nilai sejarah sejak awal kemerdekaan, Partai Masyumi saat ini memiliki tantangan yang lebih kompleks.

Dijelaskan Wempy, memilih UAS sebagai Ketua Umum akan membantu Partai Masyumi menggarap ceruk pemilih Islam.

Mengingat, Wempy melihat UAS adalah dai yang memiliki pengikut yang jumlahnya sangat besar.

"UAS punya follower yang banyak. Jadi faktor figur UAS bisa mendongkrak posisi Partai Masyumi," demikian analisa Wempy Hadir kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (10/11).

Selain itu. jika UAS dipilih sebagai pemimpin Partai Masyumi maka dapat berfungsi ganda untuk menguji apakahfigur UAS sebagai pendakwah juga berkorelasi dengan dunia politik praktis.

"Menjadi momentum untuk membuktikan apakah ketokohan UAS dalam dunia dakwa juga linear dalam dunia politik. Hal ini juga bisa menjadi kajian dalam dunia ilmu politik kedepan, bagaimana dampak elektoral ketika ulama masuk dalam gelanggang politik," demikian pendapat Wempy.

Partai Masyumi dideklarasikan lahir kembali pada Sabtu (7/11) lalu, bertepatan dengan ulang tahunnya ke 75. (RMOL)

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya