Hari ini merupakan momen yang dinanti oleh keluarga besar Habib Rizieq Shihab yang akan melangsungkan acara pernikahan puteri keempatnya di Petamburan, Jakarta Pusat Sabtu (14/11/2020).

Puteri keempat Habib tersebut Syarifah Najwa Shihab akan dipersunting Irfan Alaydrus sekaligus perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Belum banyak yang tau siapa sosok lelaki beruntung yang akan mempersunting putri Imam Besar FPI ini.

"Sekaligus insya Allah saya akan menikahkan putri saya yang keempat yaitu Syarifah Najwa Shihab dengan tunangannya, insya Allah Sayid Irfan Alaydrus," kata Habib Rizieq, dalam tayangan Front TV, belum lama ini.

Habib Rizieq sendiri telah mengutarakan rencana pernikahan ini sebelum dia bertolak dari Arab Saudi menuju Indonesia.

Berdasarkan sumber yang ada profil calon menantu HRS yakni Irfan Alaydrus belum banyak diketahui publik.

Kendati demikian, melihat nama marga di belakangnya “Alaydrus”, Irfan dinilai bukan dari keluarga biasa. Terlebih HRS menyebutnya sebagai “Sayid”.

Alaydrus merupakan salah satu marga dari Alawiyyin, yakni sebutan bagi kaum atau kelompok yang memiliki pertalian darah (nasab) dengan Nabi Muhammad SAW.

Di Indonesia, berdiri Rabithah Alawiyah sejak 27 Desember 1928. Rabithah Alawiyah merupakan organisasi pencatat keturunan Nabi Muhammad.

Menurut data mereka, terdapat setidaknya 151 marga yang merupakan keturunan Rasulullah, termasuk di Indonesia.

Beberapa marga sayid di Tanah Air antara lain Shihab, Alatas, Assegaf, Aljufri, Alaydrus, Alhadad, bin Yahya dan Alqadri. Ada juga Almusawa, Bifaqih dan Bfaraj.

Untuk Alaydrus, sejumlah tokoh menjadi panutan di Indonesia. Salah satunya Husain bin Abu Bakar Alaydrus atau lebih dikenal sebagai Habib Luar Batang.

Ada pula Habib Ahmad bin Ismail Alaydrus di Tapos, Bogor, Jawa Barat. Di Solo, Jawa Tengah, terdapat Habib Novel Alaydrus.

Irfan Alaydrus pada satu kesempatan mengungkapkan rencana pernikahannya dengan Syarifah Najwa Shihab beberapa waktu yang lalu saat penyambutan kepulangan calon mertuanya ke tanah air, HRS.

"Assalamulaikum, jamaah saat ini alfakir Muhammad Irfan Alaydrus bersama Habib Fahmi bin Shihab di petamburan dalam rangka penyambutan Imam besar sampai di Jakarta dari Bandara," kata Irfan pada satu rekaman video.

Dia juga mengundang masyarakat umum untuk hadir dalam maulid akbar Front Pembela Islam malam Minggu.

"Sabtu malam Ahad, ba'da (setelah sholat) Isya tanggal 14 November 2020, sekalian inyaallah agar al fakir mohon doanya, agar lancar menjadi keluarga yang syakinah mawadah warahmah. Agar mendapat keturunan yang sholeh, sholehah bermanfaat buat umat bangsa dan negara," sebutnya.

"Sekali lagi al fakir mohon doanya dari antum sekalian, mungkin kiranya antum hadir," tambahnya.


Berdasarkan penelusuran, Muhammad Irfan Alaydrus muncul di profil academia sebagai lulusan Fisika Nuklir Institut Teknologi Bandung (ITB), ia juga menulis artikel di situs rabithahalawiyah.id tentang teknologi nuklir nasional. Lihat.

Terkait dengan rencana pernikahan antara Najwa Shihab dan Irfan Alaydrus telah dikonfirmasi Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tanah Abang.

Pihak KUA mengaku sudah sudah menerima pemberitahuan pernikahan Najwa Shihab dengan Irfan Alaydrus. Mereka akan menikah pada Sabtu 14 November 2020.

“Sudah ada,” kata Sukana Kepala KUA Tanah Abang di Jakarta, Senin (9/11/2020).

Dia hanya menyebut pemberitahan niat untuk pernikahan sudah ada sejak kemarin, namun demikian tidak ada rincian detail siapa yang mendaftarkan rencana pernikahan tersebut. []

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya