Polisi hari ini meminta klarifikasi kepada 4 orang, salah satunya Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria terkait kerumunan massa di acara Habib Rizieq Shihab di Petamburan, Jakarta Pusat. Namun Riza Patria tidak memenuhi undangan tersebut.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, dari 4 orang yang dipanggil, hanya Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan Senior Manager Aviation Security (AVSEC) Bandara Soekarno-Hatta yang memenuhi panggilan tersebut.

"Yang hadir ada dua, pertama dari Bandara Soetta dan kedua Kadinkes. Keduanya masih dilakukan pemeriksaan. Yang dua (Wagub DKI dan Ketua Panitia Akad Nikah) belum bisa hadir, minta dijadwalkan ulang," kata Yusri di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (19/11/2020).

Terkait ketidakhadiran Riza, Yusri mengatakan Wagub DKI itu masih memiliki jadwal lain hingga saat ini. Polisi masih berkoordinasi terkait penjadwalan ulang kepada Riza tersebut.

"Masih ada kegiatan beliau. Kan kita mengundang untuk klarifikasi. Nanti sedang kita susun (jadwal ulang) kita sedang koordinasi," terang Yusri.

Riza sendiri sejatinya dijadwalkan untuk dimintai klarifikasi hari ini. Polisi juga meminta klarifikasi dari Kadinkes DKI Jakarta terkait kerumunan di acara Habib Rizieq itu.

"Yang digali adalah sesuai UU yang mau diterapkan, yaitu UU Kekarantinaan. Kalau dari unsur pemerintah, ya itu tadi, status Jakarta seperti apa dasar hukumnya, seperti apa upaya yang sudah dilakukan dan dikaitkan dengan kegiatan yang telah terjadi di Petamburan itu," terang Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat, Kamis (19/11) pagi.

Untuk diketahui, Riza Patria ikut menghadiri acara acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Tebet, Jakarta Selatan, pada Jumat (13/11). Acara peringatan Maulid Nabi yang juga dihadiri Habib Rizieq Syihab itu diselenggarakan oleh Majelis Taklim dan Zikir Al-A'faf pimpinan Alhabib Ali bin Abdurahman Assegaf.

Acara tersebut disiarkan langsung di akun YouTube Front TV, Jumat (13/11/2020). Ahmad Riza tampak memakai pakaian putih dengan memakai masker. Ia duduk berjajar dengan Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga telah dilakukan klarifikasi pada Selasa (17/11). Anies diperiksa selama total 6 jam dengan 33 pertanyaan dilontarkan penyelidik.

"Saya tadi telah selesai memenuhi undangan untuk memberikan klarifikasi dan prosesnya berjalan dengan baik, dan ada 33 pertanyaan yang disampaikan menjadi sebuah laporan sepanjang 23 halaman," ucap Anies kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jalan Sudirman, Selasa (17/11) malam. (*)

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya