GELORA.CO -Ulama karismatik Jawa Tengah, Habib Ja'far bin Muhammad Alkaff, meninggal di Samarinda, Kalimantan Timur, Jumat (1/1) sore dan akan dimakamkan di Kudus. Plt Bupati Kudus HM Hartopo mengingatkan jangan ada kerumunan pelayat di rumah duka maupun saat proses pemakaman.

"Beliau ini tokoh ulama karismatik yang bisa tokoh spiritual terkenal di seluruh Indonesia. Aslinya untuk simpatisan murid beliau sangat banyak. Koordinasi bagaimana untuk membatasi, pelayat di Kudus. Jangan sampai terjadi kerumunan," kata Hartopo di kawasan kediaman Habib Ja'far Alkaff Kudus di Desa Demaan, Kecamatan Kota, Kudus, Sabtu (2/1/2021).

Hartopo mewanti-wanti agar pelayat menaati protokol kesehatan. Karena kondisi saat ini di tengah masa pandemi virus Corona atau COVID-19.

"Terkait prokes ini ada imbauan, pelayat dibatasi. Tamu di luar kota tidak boleh, Demak, Pati, Jepara. Ada yang mengamankan di sana," ujar Hartopo.


Dari pantauan di lokasi, para pelayat datang di rumah duka. Mereka tampak mengenakan masker dan berjaga jarak.

Sedangkan jalan menuju kediamannya dijaga ketat petugas kepolisian dan TNI. Pelayat dibatasi untuk masuk di rumah duka. Selain itu pelayat dilarang mengabadikan foto atau video.

Di kawasan kediaman duka pun tampak puluhan karangan bunga ucapan duka atas meninggalnya Habib Ja'far.

Hartopo kemudian mengenang sosok Habib Ja'far yang disebutnya adalah guru bagi dirinya. Menurutnya, Habib Ja'far suka dengan humor dan bersahaja.

"Sosok, habib adalah seorang guru bagi saya. Tokoh karismatik yang beliau suka dengan humor. Dan sangat familiar orang-orang. Tidak peduli dengan orang lain. Karena kita lihat pada silahturahmi (bisa ketemu sama Habib Ja'far), beliau tidak peduli semua diajak ngobrol. Apa keperluannya. Sangat baik, sangat humoris, ada makanan apa yang ditawarkan," jelas Hartopo.

"Wejangan, saya dulu (sampai ini belum ketemu lagi) ditanyakan Habib Ja'far kalau ada di mana Pak Hartopo sowan (ketemu). Harapan kami beliau luar biasa, insyaallah husnulkhatimah. Beliau banyak membantu orang," sambung dia.


Diberitakan sebelumnya, seorang ulama karismatik Jawa Tengah, Habib Ja'far bin Muhammad Alkaff, meninggal dunia di Samarinda, Kalimantan Timur sore kemarin. Kabar duka tersebut pun tersebar di sejumlah media sosial.

"Sore jam 17.00, meninggal di Samarinda, ini rencana dibawa ke Kudus. Pemakaman sekitar siang (Sabtu siang). Makam pemakaman umum di Ploso. Tadi saya sempat ikut rapat dengan keluarga," kata seorang murid Habib Ja'far Alkaff Kudus, Muhammad Choirul Rois, saat ditemui di rumah duka di Desa Demaan, Kecamatan Kota, Kudus, Jumat (1/1) malam.(dtk)

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya