GELORA.CO - Sejumlah kader Partai Amanat Nasional (PAN) di Jawa Timur (Jatim) disebut akan loncat ke Partai Ummat besutan Amien Rais. Wasekjen DPP PAN Soni Sumarsono yakin seluruh kader di Jatim solid bersama PAN.
"Jika Sugeng (mantan Ketua MPP DPW PAN Jatim) menyatakan 80 persen pemilih PAN akan lari dan memilih Partai Ummat, saya katakan janganlah banyak melamun dan beretorika. Nanti terkena penyakit halusinasi," kata Soni kepada wartawan, Sabtu (2/1/2020).

"Mengapa begitu? Sampai sekarang tidak ada anggota legislatif PAN di DPRD provinsi dan kabupaten/kota yang menyatakan keluar dari PAN. Juga tidak ada kader PAN di eksekutif menyatakan keluar dari PAN dan bergabung ke Partai Ummat," imbuhnya.


Partai Ummat juga mengklaim banyak kader PAN yang akan merapat ke Partai Ummat. Soni menilai hal itu hanya klaim sepihak.

"Menurut saya, sudahlah, jangan berhalusinasi terus. Jangan menjadi tukang klaim terhadap PAN. Segera deklarasikan Partai Anda. Katanya Desember 2020. Sekarang tertunda lagi. Nanti jika deklarasi tertunda lagi, Anda beralasan apa lagi?" ujar Soni.


Barisan mantan PAN di Jatim, kata Soni, tengah sulit mencari kader. Soni menyinggung soal kecerdasan dalam bergabung suatu partai.

"Kami tahu Anda kesulitan mencari pengurus di daerah. Sebab, para politisi yang cerdas tentu akan berpikir sejuta kali jika akan bergabung dengan Anda. Sebab, Pemilu 2024 akan terjadi kenaikan parliamentary threshold," imbuhnya.

Sebelumnya, kepengurusan DPW PAN Jatim hingga kini belum menunjuk susunan pengurus baru. Dalam Muswil PAN Jatim V, banyak kader Muhammadiyah yang tidak terakomodasi di formatur PAN. Partai Ummat Jatim menyebut gerbong PAN sudah banyak bergabung.

Sudah banyak. Tidak hanya di tingkat DPW, bahkan DPD kabupaten/kota, DPC hingga ranting terbawah sudah banyak yang gabung," ujar inisiator Partai Ummat Jatim, Slamet Efendi, kepada detikcom, Selasa (29/12/2020).


Slamet menjelaskan gejolak yang ada di tubuh PAN Jatim memang membuat banyak kader PAN pindah ke Partai Ummat. Salah satunya mantan Ketua MPP PAN Jatim Sugeng.

"Ya salah satunya Pak Sugeng, mantan Ketua MPP PAN itu. Adalah, banyak, nanti kita deklarasi Januari 2021 ini," terangnya.(dtk)

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya