Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo harus mulai meniru langkah Presiden Joko Widodo di Pilpres 2014 lalu. Yaitu mendirikan sejumlah relawan untuk mendukung pencalonan menuju pilpres.

Kala itu, cara Presiden Joko Widodo tersebut terbukti ampuh. Setidaknya kelompok yang semula mendukung pencapresan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri jadi gigit jari.

Sebab Mega pada akhirnya menahan ego maju di pilpres dan memilih menjadikan Jokowi sebagai petugas partai.

Pengamat sosial politik, Muslim Arbi menilai relawan-relawan yang terbentuk juga akan membuat Megawati luluh sekaligus yakin bahwa massa pendukung Ganjar nyata di lapangan.

“Jadi bukti bahwa itu memang dapat dukungan rakyat Indonesia. Dia (Ganjar) bisa ambil hati Mbak Mega untuk memberi dia rekom sebagai capres di 2024," ujar pengamat sosial politik, Muslim Arbi kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (27/5).

Ganjar, sambungnya, tidak perlu minder harus bersaing dengan Puan Maharani. Apalagi jika sudah memiliki kelompok relawan yang solid. Sebab, diyakini bahwa kelompok relawan akan membawa Ganjar meluluhkan hati Megawati.

"Jadi sebaiknya Ganjar bikin saja timses. Maju saja, mintalah keputusan rakyat, jika rakyat menghendaki. Bisa keluar sebagai pemenang," pungkas Muslim. 

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya