Gigit Bocah 8 Tahun, 2 Monyet Liar di Penjaringan Ditangkap



Seekor monyet liar dikabarkan telah menggigit anak-anak, dan ditangkap oleh petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Jakarta utara dari kebun warga di kawasan Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis 27 Mei 2021.

Monyet yang tidak diketahui jelas asalnya dari mana tersebut terlihat oleh warga sudah ada beberapa hari memanjat pepohonan yang ada di dalam Komplek Vila Mas, Penjaringan.

Seorang anak 8 tahun dikatakan warga mengalami luka di bagian kaki dan tangannya akibat diserang monyet liar.

Kasie Ops Damkar Jakarta Utara Rachmat Kristantio mengaku mendapatkan laporan warga terkait monyet liar, usai adanya korban luka akibat monyet tersebut.

Rahmat kemudian menugaskan lima orang petugas Damkar Jakarta Utara untuk melakukan evakuasi terhadap monyet liar tersebut.

“Ada informasi warga memberitahukan ke kami adanya monyet liar berkeliaran di pemukiman Komplek Vila Mas, kita tidak menyaksikan sendiri, tapi kata warga sempat ada anak kecil terluka akibat di gigit,” ujar Rachmat dikonfirmasi, Kamis 27 Mei 2021.

Tiba di lokasi, warga kemudian menunjukan lokasi dimana monyet liar itu berada kepada petugas. Proses penangkapan monyet tersebut terbilang cukup sulit, lantaran sang monyet berada di pucuk pohon yang tinggi. Sekitar satu jam kemudian, monyet berhasil ditangkap menggunakan jaring oleh petugas.

“Hasilnya ada dua monyet yang tertangkap, kami masukan ke dalam sebuah kandang dan kita bawa,” ujarnya.

Rencananya, monyet liar tersebut akan kembali dilepas ke habitat yang jauh dari pemukiman warga, agar tidak terjadi serangan yang dapat melukai manusia.