Mengulik Hyundai New Santa Fe, SUV Gagah Teman Travelling Keluarga



Sebuah Sport Utility Vehicle (SUV) di era terkini tak hanya menyajikan ketangguhannya dalam melahap berbagai medan jalan. 

SUV kini lebih dinamis, keberadaannya mampu menghadirkan kenyamanan dan keceriaan untuk diajak bepergian ke mana saja.

Hyundai New Santa Fe adalah cerminan dari sosok sebuah SUV ideal untuk keluarga Indonesia. Kapasitas penumpang 7-seater dengan taburan fitur kenyamanan dan keselamatan, membuat mobil ini sangat andal untuk berkendara bersama keluarga.

Desain

Di New Santa Fe, Hyundai mempertegas sisi maskulin pada tampilan mobil ini. Ditandai dengan grill krom berukuran besar, diimbuhi sepasang LED daytime running light (DRL) sipit yang memancarkan nuansa agresif. Desain headlamp terbaru membuat tampilan muka New Santa Fe semakin berkarakter.

Sektor kaki-kakinya dibuat kekar. Menggunakan velg dual-tone palang lima berdiameter 18 inci lebar 7,5 inci dilapis ban ukuran 235/60 R18.

Alur body dibuat dengan konsep aerodinamis, dipercantik dengan beberapa lekukan tajam khas mobil-mobil terbaru Hyundai. Di sektor buritan, terpasang perangkat lampu dengan desain terbaru yang tampak modern. Kehadiran difusser dan akses titanium mempertegas karakter maskulin dan bertenaga New Santa Fe.

Penyematan roof rail selain membuat mobil terlihat semakin gagah, juga memudahkan pengendara untuk membawa barang bawaan ketika hendak travelling bersama keluarga. Keberadaan panoramic sunroof berbentang luas menjadikan mobil terlihat mewah sekaligus memberikan kesempatan penumpang untuk menikmati udara segar dan cahaya matahari ketika berada di tempat teduh dan sejuk, misalnya ketika berlibur ke daerah pegunungan.

Fungsionalitas

Hyundai New Santa Fe dirancang dengan memadukan nuansa kegagahan khas SUV dan fungsionalitasnya sebagai mobil keluarga. Jok tiga baris mampu mengakomodir tujuh penumpang dengan nyaman.

Ruang kabin New Santa Fe yang luas memiliki leg room luas yang membuat setiap penumpang bisa duduk nyaman dan leluasa. Perjalanan panjang saat travelling tidak akan menyiksa penumpang, termasuk yang duduk di baris ketiga.

Detail kecil seperti pemasangan headrest di ketujuh tempat duduk menandakan Hyundai sangat peduli dengan kenyamanan semua penumpang New Santa Fe.

Guna memudahkan akses masuk-keluar ke baris ketiga, Hyundai memberikan fitur One-Touch Walk-in and Folding di kursi baris kedua. Cukup dengan menekan satu tombol untuk melipat jok tengah.

Sebagai mobil SUV yang menyenangkan untuk keluarga, Hyundai New Santa Fe turut dioptimalkan untuk memuat barang bawaan. Selain dilengkapi ruang bagasi luas dengan kapasitas mencapai 782 liter, New Santa Fe memiliki fitur Smart Power Tailgate. Fitur ini akan sangat membantu Anda membuka pintu bagasi saat membawa banyak barang di tangan. Ketika Anda sudah mengantongi smart key, pintu akan otomatis terbuka begitu Anda berdiri di depan pintu bagasi (jarak kurang dari 1 meter). Cepat atau lambatnya pintu terbuka juga bisa diatur sesuai kebutuhan pengguna.

Tersedia juga fitur Remote Engine Start yang memungkinan pemilik mobil menghidupkan mesin dari jarak 10 meter dan juga menyalakan Air Conditioner (AC) secara otomatis.

Deretan Fitur Keselamatan

Sebagai mobil yang dihadirkan untuk para keluarga Indonesia, Hyundai New Santa Fe dibekali dengan perangkat keamanan dan keselamatan mumpuni. Hyundai menyematkan beragam teknologi untuk menghindari risiko kecelakaan pada New Santa Fe.

Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA) sudah menjadi kelengkapan standar di mobil ini. Ditambah lagi dengan keberadaan 6 SRS Airbag untuk melindungi setiap penumpang.

Fitur keselamatan di New Santa Fe terbilang melimpah. Hyundai menyisipkan Advance Driver Assistance System (ADAS) yang membantu pencegahan terjadinya kecelakaan dari berbagai sisi.

ADAS di New Santa Fe tipe Signature terdiri dari Forward Collision-Avoidance Assist untuk membantu menghindari benturan dengan objek di depan kendaraan, Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA) membantu mencegah benturan dari kiri atau kanan kendaraan ketika kendaraan sedang bergerak mundur , Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA) yang mendeteksi adanya kendaraan di belakang yang melaju dari sudut yang tak terlihat, serta Safe Exit Assist berfungsi memberikan peringatan jika ada objek mendekat dari arah belakang saat pengguna hendak turun dari mobil. Selain itu, ada pula fitur Lane Keeping Assist yang membantu mengendalikan mobil tetap berada di jalur aman, dan Lane Following Assist memberikan informasi jika ada kendaraan hendak mendahului sekaligus menjaga mobil tetap di jalur semestinya.

Hebatnya, sensor blind-spot pada New Santa Fe tidak hanya menampilkan notifikasi berupa indikator, melainkan terdapat Blind-Spot View Monitor (BVM) yang menampilkan objek di sudut tak terlihat. Selain itu, fitur Driver Attention Warning (DAW) juga terpasang di mobil ini, sehingga dapat mengingatkan pengemudi untuk mengemudi dengan aman.

Untuk keamanan ketika parkir atau berjalan di area sempit, pada New Santa Fe tipe Signature terdapat Surround View Monitor yang menampilkan kondisi sekeliling dari depan, samping, dan belakang. Dengan begitu pengendara dapat menghindari objek yang mungkin sulit terlihat di spion atau dari penglihatan mata.

Hyundai New Santa Fe hadir dengan dua pilihan mesin, yaitu tipe bensin 2.500 cc Multi Point Injection (MPi) dan diesel 2.200 cc Common Rail Diesel Injection (CRDi). Keduanya menyuguhkan performa responsif dan tentunya nyaman dikendarai.

Mesin bensin New Santa Fe mampu menyuplai tenaga maksimal 180 PS dengan torsi puncak 232 Nm, dipasangkan dengan transmisi otomatis 6-speed. Sementara itu, mesin diesel memberikan tenaga maksimal 202 PS dengan torsi puncak 441 Nm, dipadukan dengan transmisi otomatis Dual Clutch Transmission (DCT).

Hyundai melengkapi New Santa Fe dengan empat mode berkendara untuk mengelola suplai tenaga sesuai kebutuhan. Mode Eco untuk berkendara hemat BBM, mode Comfort untuk berkendara normal, mode Sport jika ingin tenaga responsif, dan mode Smart yang menyesuaikan interval perpindahan gigi sesuai pola pengemudi.

Dengan segala utilitas dan fitur yang dimiliki, Hyundai New Santa Fe layak dipinang oleh Anda yang menginginkan mobil tangguh nan memberikan kenyamanan bagi keluarga. Mobil ini sangat mumpuni untuk dibawa aktivitas rutin di dalam kota, ataupun berpetualang mencari keindahan alam bersama keluarga.

Hyundai New Santa Fe dipasarkan dengan banderol mulai dari Rp 569 juta sampai dengan Rp 729 juta. Informasi lebih lanjut tentang New Santa Fe dapat dilihat di sini.