Pilpres 2024 masih jauh, namun hiruk pikuk pesta demokrasi lima tahunan itu sudah nyaring. Berbagai parpol sudah mewacanakan koalisi bahkan skenario capres-cawapres.

Ketua DPP PKB Bidang Pemenangan Pemilu Faisol Riza menyebut PKB hampir bisa dipastikan akan berkoalisi dengan PDI Perjuangan.

"Sudah pasti, PKB akan berkoalisi dengan PDIP," kata Faisol saat dimintai tanggapan, Senin (31/5). 

Untuk capres-cawapres, Faisol menyebut sudah ada komunikasi yang terjalin sejak lama dengan PDIP. Kandidat yang ditawarkan PKB, Puan Maharani berduet dengan Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. 

"Insyaallah sudah lama, Puan-Gus AMI," tutur Ketua Komisi VI DPR ini.

Lebih lanjut, ketika ditanya apa pertimbangan memilih koalisi dengan PDIP lagi di Pilpres 2024, Faisol menyebut ada kesamaan ideologi antara partai berbasis Nahdlatul Ulama itu dengan PDIP.

"PDIP dan PKB memiliki kesamaan pandangan dalam kebangsaan. PDIP pemenangan pemilu 2019 sehingga bisa membuat koalisi pemerintahan yang kuat dan efektif, terbukti kerja sama koalisi selama 2 masa pemerintahan ini berhasil," pungkas Faisol.

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan partainya akan berusaha membuat Pilpres 2024 hanya diikuti 2 paslon. Alasannya, agar energi bangsa tak terkuras dan tidak ada putaran kedua. Siapa saja koalisinya, Hasto hanya menegaskan PDIP tak akan berkoalisi dengan PKS dan Demokrat. []

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya