Sebuah video heboh beredar di jaringan sosial media, Twitter. Netizen yang mengunggah video viral itu menyebut ada TKA (Tenaga Kerja Asing) China digebukin. Kejadian baru-baru ini terjadi di Morosi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara.

“Kejadian kemarin sore di MOROSI. SULTENG. TKA cina digebukin,” tulis akun @Ceuceu_Corason yang mengunggah video di twitter, Selasa, (8/6/2021).

Seperti diketahui, di Morosi adalah kawasan pertambangan di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, kebanyakan tenaga kerja disana adalah TKA berasal dari negara China.

Dalam lansiran Republika (2/6/2020) juga memberitakan: “261 TKA China Tiba di Kawasan Tambang Morosi Konawe” di masa pandemi.

“Sebanyak 261 Tenaga Kerja Asing (TKA) asal negara China, kini berangsur masuk di kawasan pertambangan Morosi, kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara, meski mendapat penolakan dari sejumlah kelompok masyarakat.” dalam tulisan media tersebut.

JawaPos pada 2 Januari 2017, silam, juga pernah melakukan investigasi “Mengunjungi Desa Morosi, Kabupaten Konawe, yang Mendadak Tiongkok”, tertera dalam liputan itu.

Menyambung tulisan serta liputan, JawaPos merilis: “SECARA kasatmata, begitu banyak TKA yang menjadi buruh di Konawe. Area di sekitar Kawasan Industri Konawe saat sore, ketika jam pulang kerja, serasa satu perkampungan yang berada di Tiongkok. Di warung-warung orang bercakap Mandarin.

Data yang disebutkan perangkat Desa Morosi, tercatat 1.913 warga negara asing (WNA) yang bekerja di kawasan industri itu. Mayoritas bekerja di proyek smelter nikel PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI). Mereka tinggal di barak penampungan dalam kawasan proyek penanaman modal asing asal Tiongkok tersebut. Sebagai catatan, pembangunan smelter itu menelan dana lebih dari Rp 62 triliun.”

“Kejadian kemarin sore di MOROSI. SULTENG. TKA cina digebukin,” tulis akun Selasa, 8 Juni 2021.

“Pun demikian halnya di pasar, orang tawar-menawar dalam bahasa Mandarin,” sambung cuitan dari netizen.

Berikut video yang diunggah oleh netizen:



0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya