Meski Terus Melejit, Sulit Bagi AHY Mereplika Kesuksesan SBY



Dalam beberapa hasil survei elektabilitas Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono terus mengalami peningkatan.

Meski terus meningkat keterpilihannya AHY diprediksi sulit mereplika kesuksesan Susilo Bambang Yudhoyono mendapatkan kursi presiden.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah mengatakan bahwa peluag terbesar AHY adalah menjadi calon wakil presiden (Cawapres).

Kata Dedi, peluang AHY itu juga masih tergantung dengan siapa Demokrat berkoalisi.

"Jika sosok utama cukup kuat dari sisi popularitas dan kapasitas, kegemilangan SBY bisa saja terulang, tetapi jika tidak AHY perlu bersabar satu periode lagi," demikian kata Dedi kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (10/6).

Bacaan Dedi safari politik yang dilakukan AHY sudah tepat.

Di mata Dedi mantan pensiunan Mayor TNI AD itu nampak memahami bagaimana mengambil ceruk pemilih dari tokoh mapan seperti Anies Baswedan dan Ridwan Kamil.

"Setidaknya AHY berhasil menarik suara dari safari yang ia lakukan, selain itu kepemimpinannya di Demokrat terbukti mampu ciptakan iklim konsolidatif," demikian kata Dedi.


Dalam hasil survei terbaru Arus Survei Indonesia AHY berada diurutan kedua di bawah Susilo Bambang Yudhoyono dengan perolehan suara 13,2 persen.

Potret survei itu merupakan klaster pimpinan partai politik yang layak diusung sebagai presiden di tahun 2024 mendatang.