Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dinilai akan melakukan perlawanan kepada PDI Perjuangan dan Ketua Umumnya, Megawati Soekarnoputri.

Perlawanan itu berpotensi dilakukan Ganjar jika Megawati dan PDIP tidak mengusung dirinya untuk maju di Pilpres 2024 mendatang.

Menurut pakar politik dan hukum Universitas Nasional Jakarta, Saiful Anam, salah satu bentuk perlawanan itu telah terlihat dengan adanya kelompok relawan bernama Ganjarist yang merupakan kepanjangan dari Ganjar Pranowo Menuju Indonesia Satu.

"Saya kira betul sekali hal tersebut merupakan perlawanan Ganjar terhadap hegemoni Puan yang sangat besar di PDIP. Relawan Ganjar sedang ingin menunjukkan bahwa yang paling layak untuk dimajukan adalah Ganjar, bukan Puan maupun calon yang lainnya," ujar Saiful kepada Kantor Berita Politik RMOL,, Jumat (4/6).

Kemunculan kelompok relawan Ganjarist itu, lanjut Saiful, juga merupakan bentuk desakan kepada Megawati bahwa Ganjar lah sosok yang paling layak untuk dicalonkan pada Pilpres 2024.

"Ganjar saya yakin pasti melakukan perlawanan terhadap segala kemungkinan, termasuk tidak dicalonkan oleh Megawati dan PDIP pada Pilpres 2024 mendatang. Pasti ia akan membangun kekuatan untuk dapat mendapatkan tiket Pilpres baik dari PDIP maupun parpol lainnya," pungkas Saiful. []

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya