Sejumlah Pengurus BEM UI Kena Serangan Digital, WA Diretas Dan Instagram Diganggu




Serangan digital dialami pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI)  pada Minggu (27/6) dan Senin (28/6). Serangan yang diterima tersebut berupa peretasan akun WhatsApp (WA).

Kabar ini sebagaimana disampaikan Ketua BEM UI Leon Alvinda Putra lewat akun media sosial pribadi sesaat lalu.

Korban pertama adalah Kepala Biro Hubungan Masyarakat BEM UI 2021, Tiara Sahfina. Di mana WA miliknya tidak bisa diakses pada Senin (28/6) pukul 00.56.

“Dan tertulis bahwa akun tersebut telah keluar dari telepon genggam Tiara, hingga saat ini akun WhatsApp Tiara belum dapat diakses kembali,” jelas Leon.

Korban kedua adalah Wakil Ketua BEM UI, Yogie yang tidak bisa mengakses WA pada pukul 07.11. Ditampilan layar ponsel Yogie muncul notifikasi akun tersebut sudah digunakan di HP lain.

Ketiga, ada usaha login dari pihak tidak dikenal kepada akun telegram Koorbid Sosial Lingkungan BEM UI, Naifah Uzlah pada pukul 02,15 WIB.

Sedang pada Minggu (27/6 )pukul 21.45 WIB akun instagram Kepala Departemen Aksi dan Propaganda BEM UI, Syahrul Badri mengalami ganguan berupa "restriction" setelah mengunggah beberapa postingan di insta-story menyangkut surat pemanggilan fungsionaris BEM UI oleh pihak UI.

“Akun masih ada, namun sampai saat ini pemilik akun belum bisa menggunakan akun tersebut seperti biasa,” urainya.

Serangan juga sempat menyasar akun WA Leon beberapa waktu lalu. Namun dalam hitungan menit akun tersebut kembali pulih

“Dengan ini kami mengecam keras segala bentuk serangan digital yang dilakukan kepada beberapa pengurus BEM UI 2021,” tegasnya.