Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali membuat kagum publik di ajang internasional setelah ia memposting di laman Facebook penampilannya di Forum Internasional C40 Cities Steering Comitte beberawa waktu lalu.

Seperti biasanya di forum internasional Anies tampil dengan gagah dan menggunakan Bahasa Inggris yang fasih dan lancar. Pada ajang itu ia melaporkan progres konkret dari DKI Jakarta yang telah dilakukan dalam hal advokasi perubahan iklim.

Anies menyampaikan bahwa saat ini kota-kota di dunia harus mulai mengambil langkah berani dalam mengatasi dampak perubahan iklim, termasuk Jakarta.

"Jakarta terus mengembangkan rencana aksi iklim yang sesuai dengan target pada 2030 dan 2050 yang telah dicanangkan dalam Perjanjian Paris (Paris Agreement). Dan berfokus dalam beberapa sektor utama, antara lain transportasi," papar Anies seperti yang dikutip dari Facebook @Aniesbaswedan pada Selasa 1 Juni 2021.

Lanjut Anies bahwa Jakarta juga aktif berkomunikasi dengan para pemangku kepentingan untuk mengadvokasi mengenai pentingnya memiliki rencana aksi iklim yang sejalan dengan Perjanjian Paris.

Selain itu Jakarta saat ini sedang bekerja sama dengan Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) dan The United Cities and Local Governments Asia Pacific (UCLG ASPAC) untuk merekrut beberapa kota di Indonesia untuk bergabung salam Gerakan Cities Race To Zero.

Anies meyakini dengan memperluas Cities Race To Zero diharapkan dapat mengadvokasi terciptanya integrasi vertikal dan horisontal dalam hal kebijakan, anggaran, dan aksi penanganan dampak perubahan iklim untuk kota-kota di Indonesia dan Asia Pasifik.

"Jakarta juga berinisiatif menerjemahkan materi kampanye Cities Race To Zero ke dalam bahasa lokal/ Indonesia, agar lebih mudah dipahami oleh para pemangku kepentingan lokal. Sehingga lebih banyak lagi kota-kota yang dapat mencapai target mitigasi dan adaptasi perubahan iklim," tutup Anies dalam postingannya di Facebook

Postingan Anies ini disambut baik oleh masyarakat dengan membeikan like dan komentar. Tak lupa netizen juga meninggalkan jejak di kolom komentar dengan mengelu-elukan sang Gubernur DKI Jakara ini.

Seperti akun Kris Tono yang berkomentar tentang lancarnya Bahasa Inggris Anies. "Barakallah bapak lancar bicara tanpa text di forum internasional walau lewat medsos. Inilah yang diperlukan seorang pemimpin level dunia untuk berbicara dengan lugas dan menyampaikan kondisi wilayahnya. Salam dari kami warga Bekasi," ungkapnya.

Sementara akun Putry Nasution menyebut Anies setelah menjabat Gubernur DKI Jakarta, maka harus bisa menjabat Presiden Republik Indonesia. "Setelah selesai memimpin DKI Jakarta maka Bapak harus memimpin Republik Indonesia, karena Republik ini membutuhkan Bapak," jelasnya di kolom komentar.

Lalu akun Tata Di Mgl menyebut Masyaa Allah, tabarakallah om Anies Baswedan, 2024 siap dukung RI 1 tanpa ragu Bismillah. (*)

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya