5.700 Keluarga Dapat Bantuan Sosial Tunai dari Pemkot Pasuruan

Pasuruan - Pemkot Pasuruan menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada 5.700 Kepala Keluarga (KK). BST itu diharapkan meringankan beban warga terdampak pandemi dan PPKM Darurat.

Penyaluran bantuan dilakukan di empat titik. Yakni Kantor Kelurahan Bukir Kecamatan Gadingrejo, Kantor Kelurahan Tembok Kecamatan Purworejo, Kantor Kelurahan Pekuncen Kecamatan Panggungrejo, dan Kantor Kelurahan Kepel Kecamatan Bugul Kidul.

"BST yang disalurkan ini bersumber dari APBD Kota Pasuruan. Yang mendapatkan bantuan hari ini adalah mereka yang tak masuk sasaran bantuan dari pemerintah pusat. Jadi, pemkot komitmen untuk tetap bertanggung jawab terhadap masyarakat yang terdampak pandemi. Caranya apa, caranya dengan memberikan bantuan ini," kata Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) di Kelurahan Kepel, Senin (19/7/2021).

Menurut Gus Ipul, BST yang dicairkan hari ini nominalnya Rp 400 ribu untuk masing-masing KK. Itu untuk dua bulan, Mei dan Juni.

"Masyarakat bisa mengambil di kelurahan secara bergantian, agar tetap taat prokes," sambungnya.

Gus Ipul memastikan, pemkot juga akan menyalurkan bantuan untuk pelaku UMKM, Kamis (22/7) mendatang. Totalnya ada sekitar 3.100 bantuan yang diperuntukkan untuk pelaku UMKM, termasuk para PKL.

"Selain bantuan dari pemkot, nanti juga akan ada bantuan dari pemerintah pusat melalui Kemensos. Totalnya ada 29 ribu lebih masyarakat yang mendapatkannya," tambah Gus Ipul.

Sumini, salah satu penerima BST mengaku bahagia karena uang Rp 400 ribu bisa digunakannya untuk membeli beras dan keperluan harian. "Ya alhamdulillah sudah cair hari ini. Terima kasih Pak Wali Kota," ungkap Sumini.

Setelah meninjau penyaluran BST, Gus Ipul bersama wakil wali kota, dandim dan kapolres juga membagikan beras ke pedagang kaki lima, tukang becak serta masyarakat di beberapa lokasi. Pembagian beras 5 kg dilakukan spontan saat rombongan Gus Ipul melintas di jalanan Kota Pasuruan.