Buntut Terbunuhnya Presiden Haiti, Komandan Paspampres Ditangkap



Penyelidikan terkait kematian Presiden Haiti Jovenel Moise terus bergulir. Yang terbaru Komandan Paspampres Haiti  Jean Laguel Civil ditangkap.

Civil merupakan penanggungjawab keamanan Moise sekeluarga. Saat Moise dihabisi nyawanya oleh sekelompok pembunuh bayaran pada 7 Juli 2021 lalu, tidak ada paspampres penjaga Moise yang terluka.

Hasil penyelidikan mengungkap fakta mengejutkan lain. Pembunuh bayaran bisa melewati penjagaan dengan mudah. Padahal rumah itu dijaga ketat oleh Paspampres.

Atas hasil investigasi awal, kepolisian Haiti mencurigai keterlibatan Civil. Eks orang yang kepercayaan Moise itu akhirnya ditangkap untuk kepentingan investigasi.

Jubir Kepolisian Haiti Maria Verrier mengatakan, Civil kini ditempatkan di sel isolasi di penjara Delmas dekat ibu kota Port-Au-Prince.

"Saya konfirmasi Jean Leaguel Civil ditangkap pada Senin oleh polisi," kata Verrier seperti dikutip dari AFP.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Port-Au-Prince, Ma Bed-ford Claude menginstruksikan imigrasi melarang empat anggota polisi keluar dari negara. Keempat orang yang sempat menjadi pengawal Moise juga diduga terlibat pembunuhan keji itu.

Moise tewas di rumahnya lewat serangan sejumlah pembunuh bayaran asal Kolombia. Istri Moise juga terluka akibat serangan itu.

Seusai kematian Moise, aparat keamanan menggelar operasi besar mencari pelaku pembunuhan. Kini, puluhan orang Haiti dan warga asing telah ditangkap.