Diimbau di Rumah Saja, Masjid di Kudus Ini Tetap Gelar Salat Idul Adha Besok



Masjid Jami Wali Al-Mamur di Desa Jepang, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, rencananya bakal tetap menggelar salat Idul Adha besok. 

Pelaksanaan salat Id itu bakal menerapkan protokol kesehatan (prokes).

"Ada, menyelenggarakan salat Id besok (Selasa, 20/7)," kata Juru Pelihara Gapura Paduraksa di Masjid Jami Wali Al-Ma'mur Desa Jepang, Fatkhur Rokhman Aziz, saat dihubungi detikcom, Senin (19/7/2021).

Dia mengatakan salat Id di Masjid Jami Wali Al-Mamur bakal digelar dengan menerapkan protokol kesehatan. Mulai dari menjaga jarak, mencuci tangan, hingga membatasi jumlah jemaah.

"Tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat," ujar dia.

Dihubungi terpisah, Sekdes Jepang, Ngadiman, mengaku belum mengetahui masjid mana saja di desanya yang akan tetap menggelar salat Id besok. Dia mengatakan sudah mengedarkan surat imbauan agar tidak menyelenggarakan salat Id ke masjid-masjid.

"Sampai ini belum tahu pasti masjid kami yang menyelenggarakan salat ini. Kami sudah mengedarkan surat imbauan dari Kementerian Agama terkait meniadakan salat Id di masjid-masjid," ujar Ngadiman.

Ngadiman menyebut kasus Corona di desanya sempat nihil. Namun, saat ini ada dua keluarga yang terpapar dan sedang menjalani isolasi mandiri.

"Kasus Corona di Jepang kemarin sempat nol. Cuma ini ada dua keluarga yang kena. Mereka isolasi di rumah," terang Ngadiman.

Sementara itu, Kanwil Kemenag Jateng sudah mengingatkan salat Idul Adha 1442 H/2021 tidak digelar di lapangan, masjid, dan musala. Pelaksanaan salat Id bisa di rumah karena masih tingginya penyebaran virus Corona atau COVID-19.


Kepala Kanwil Kemenag Jateng, Mustain Ahmad, membenarkan aturan tersebut dan bukan merupakan imbauan melainkan harus dilaksanakan dalam kondisi pandemi saat ini.

"Iya betul, harus diikuti," kata Mustain lewat pesan singkat, Senin (19/7).