Gempa 6,5 SR Guncang Tojo Una-Una, Warga Pesisir Pantai Mengungsi



Gempa dengan magnitudo 6,5 guncang Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah pada Senin 26 Juli 2021 pukul 19.09 WIB. Gempa dengan kedalaman 10 km tersebut membuat masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah.

Berdasarkan laporan kontributor tvOne, gempa yang besar tersebut telah membuat warga panik sehingga berhamburan keluar rumah dan mencari tempat yang aman.

Bahkan, situasi pada saat ini listik padam dan warga yang berada di pesisir pantai kini telah mengungsi di tempat yang aman dengan menggunakan kendaraan dan penerangan seadanya.

Rahman salah seorang warga ampana mengaku panik dan mencari tempat yang aman sama seperti dengan warga lainya.

"Pada saat ini padam listrik, kita hanya menggunakan penerangan dari kendaraan dan warga yang berada di pinggir pantai telah mengungsi di dataran yang lebih tinghi," kata Rahman

Sebelumnya diberitakan bahwa pada hari ini wilayah Teluk Tomini diguncang gempa tektonik. Hasil info pendahuluan BMKG menunjukkan gempabumi ini berkekuatan magnitudo 6,5 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi  magnitudo 6,3. 

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0,77 derajat lintang selatan, 121,95 derajat bujur timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 58 km arah Timur Laut Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah pada kedalaman 10 km. 

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya deformasi karena Sesar Lokal.