Gempa M 6,5 Toja Una-Una Dirasakan Kuat di Ampana-Poso-Morowali



Gempa bumi magnitudo (M) 6,5 terjadi di Tojo Una-una, Sulawesi Tengah (Sulteng). Gempa ini dirasakan di sejumlah daerah.

Berdasarkan analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) getaran gempa dirasakan di hampir setiap provinsi di Sulawesi.

Dilihat di situs BMKG, Senin (26/7/2021), getaran gempa dirasakan paling kuat di Ampana, pusat Kabupaten Tojo Una-una. Gempa dilaporkan dirasakan dalam skala V-VI Mercalli.

Skala V Modified Mercalli Intensity (MMI) artinya, getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun, gerabah pecah, barang-barang terpelanting, tiang-tiang, dan barang besar tampak bergoyang, bandul lonceng dapat berhenti.

Sementara skala VI MMI artinya getaran dirasakan semua penduduk dan membuat kebanyakan terkejut dan lari keluar, plester dinding jatuh dan cerobong asap pada pabrik rusak, kerusakan ringan.

Gempa dirasakan skala V MMI juga di Poso dan Morowali, Sulteng.


Gempa dengan intensitas lebih rendah dirasakan dalam skala III-IV MMI di Sulawesi Utara yakni Bolaang Mongondow Selatan, Bolaang Mongondow Timur, dan Kotamobago. Intensitas getaran yang sama juga dirasakan di Buol, Sulteng; serta Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Gempa M 6,5 terjadi pada hari ini pukul 19.09 WIB. Lokasi koordinat gempa ada di 0,73 lintang selatan dan 121,92 bujur timur.

Pusat gempa ada di kedalaman 10 km. Belum diketahui dampak gempa ini.