Keluarga Ungkap Momen Perpisahan Rachmawati dengan Anak



Keluarga menceritakan momen perpisahan Rachmawati Soekarnoputri dengan anaknya, Didi Mahardika. Diceritakan, Didi, yang selalu mendampingi sang ibu saat dirawat di ruang ICU RSPAD Gatot Soebroto, sempat berinteraksi dengan cara saling menatap dan melambaikan tangan meski terpisah kaca.

"Almarhumah sebenarnya dirawat di RS sudah beberapa hari dan banyak penyakit bawaan dulu. Sempat dirawat di ICU. Anak beliau selalu mendampingi," kata perwakilan keluarga Rachmawati, Nanda, di RSPAD, Jakarta Pusat (Jakpus), Sabtu (3/7/2021).

Nanda mengatakan Didi sempat bertatapan dengan Rachmawati pada Jumat (2/7) malam. Posisi Didi saat itu berada di luar ruang ICU dan hanya dapat melihat ibunya lewat kaca ruangan.

"Anak beliau selalu mendampingi, terpisah oleh ruang kaca gitu, masih bisa berkomunikasi, eye contact, masih bisa melambaikan tangan," ujar Nanda.

Nanda menuturkan Didi merasa tak enak hati semalam. Dia lalu membacakan Surat Yasin untuk mendoakan Rachmawati agar segera pulih.

"Tapi feeling Mas Didi itu udah nggak dari semalam, walaupun terakhir saat dibacakan Surat Yasin, mendoakan beliau kondisinya naik, bagus. Tapi nggak nyangka, menjelang pagi, justru mendapatkan kabar duka," sambung Nanda.

Jenazah Rachmawati akan diberangkatkan dari RSPAD Gatot Soebroto ke TPU Karet Bivak, Tanah Abang, Jakpus. Rencananya jenazah akan dimakamkan di samping makam ibunya, Fatmawati, sesuai dengan wasiat Rachmawati.

"Rencananya hari ini akan dimakamkan di pemakaman Karet Bivak, mungkin di samping makam Ibu Fatmawati. Itu pesan almarhumah, wasiat," pungkas Nanda.

Sebelumnya putri Proklamator Sukarno, Rachmawati Soekarnoputri, meninggal dunia saat dirawat akibat positif virus Corona atau COVID-19. Jenazah Rachmawati disebut bakal langsung dimakamkan di TPU Karet Bivak. (*)