Luhut Sebut Covid Terkendali, Pakar Epidemiologi: Realitanya RS Kolaps dan Banyak yang Mati



Penyebaran virus Covid-19 di Indonesia diyakini akan terkendali, dalam kurun waktu 4-5 hari.

Keyakinan penyebaran virus Covid-19 akan bisa dikendalikan merupakan pernyataan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Luhut optimis bahwa penyebaran virus Covid-19 di Indonesia akan mengalami penurunan.

"Saya melihat dalam 4-5 hari ke depan situasinya (Covid-19) akan membaik. Jadi kalau ada yang berbicara bahwa tidak terkendali keadaannya, sangat-sangat terkendali,” kata Luhut Binsar Pandjaitan dalam keterangannya yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin 12 Juli 2021.

Pernyataan Luhut tersebut dipertanyakan oleh Epidemiolog atau pakar wabah dari Universitas Indonesia (UI), Pandu Riono.

Pandu Riono menyebutkan kasus Covid-19 di Indonesia sulit akan terkendali karena realitanya penularan terus meningkat, rumah sakit kolaps, banyak orang tak dirawat dan meninggal.

"Yakinkah? Sulit itu akan terjadi. Realita yg ada penularan terus meningkat, RS kolaps, orang yg seharusnya dirawat di RS, terkapar di rumah dg bantuan tabung oksigen pinjaman. Banyak yg mati," tulis @drpriono1, Rabu, 14 Juli 2021.

Dia juga menyebut saat ini bukan obat yang dibutuhkan tetapi perawatan seperti rumah sakit.

"Bukan obat yg dibutuhkan tetapi perawatan yg dibutuhkan. Jangan distribusi obat pada OTG," tulisnya.

Hal itu disampaikan Pandu Riono sambil membagikan pemberitaan yang menyebutkan Pemerintah memprediksi Covid-19 bisa membaik dalam 5 hari mendatang.