PDIP Geram ke Biden soal Jakarta Tenggelam: Urus Saja Negara Sendiri!



Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden berbicara Jakarta diproyeksikan akan tenggelam dalam 10 tahun ke depan hingga kemungkinan pemindahan Ibu Kota. Elite PDIP di DPR RI, Junimart Girsang, geram Biden ikut campur urusan internal Indonesia.

"Lebih baik dan lebih cerdas Mr Biden mengurus negara yang dia pimpin. Komisi II sebagai mitra pemerintah tidak pernah mendengar dari Mendagri dan lain-lain tentang proyeksi 'Jakarta tenggelam'," kata Wakil Ketua Komisi II DPR RI Fraksi PDIP, Junimart Girsang kepada wartawan, Jumat (30/7/2021).

Junimart juga mempertanyakan data sehingga Biden bisa berbicara tentang proyeksi Jakarta tenggelam. Sebab, menurutnya, masyarakat di Jakarta tidak pernah berpikir demikian.

"Apa dasarnya beliau membuat statement Jakarta akan tenggelam? Sedangkan kita, anak bangsa yang di Jakarta, tidak pernah merasakan bahkan punya pikiran seperti itu. Apa tolok ukur Mr Biden," katanya.

Urusan NKRI, kata Junimert adalah urusan pemerintah Indonesia. Junimart mengatakan pemindahan Ibu Kota RI sudah dibahas dalam Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (IKN) yang masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2021.

"Urusan NKRI adalah urusan pemerintahan Indonesia. What happen di balik statement beliau ini. Tentang pemindahan Ibu Kota sebagai pusat pemerintahan sudah clear, diketok dan dituangkan dalam UU," tutur dia.

Selain itu, Junimart mengatakan permasalahan kondisi tanah di DKI Jakarta sudah disampaikan kepada Menteri Sekretariat Negara, Pratikno. Selain, dia juga sudah berkoordinasi dengan ketua DPRD DKI Jakarta yang juga kader PDIP, Prasetio Edi Marsudi.

"Sudah saya sampaikan dan tekankan langsung ke Pak Pratikno, Mensesneg, dalam RDP di Komisi II beberapa bulan yang lalu dan kepada Ketua DPRD DKI dalam forum partai," jelasnya.

Sebelumnya, Joe Biden mengatakan kini permukaan air laut terus meningkat. Dia mengungkapkan, ke depannya, akan banyak orang bermigrasi dan memperebutkan tanah yang subur. Biden mencontohkan Afrika Utara.

Biden kemudian menyinggung Indonesia. Menurutnya, jika apa yang diproyeksikan benar, dalam 10 tahun ke depan Indonesia harus memindahkan ibu kota karena akan tenggelam.

"Tapi apa yang terjadi, apa yang terjadi di Indonesia jika proyeksinya benar bahwa, dalam 10 tahun ke depan, mereka mungkin harus memindahkan ibu kotanya karena mereka akan berada di bawah air?" kata dia.

"Itu penting. Ini adalah pertanyaan strategis sekaligus pertanyaan lingkungan," imbuh Biden.