Sapa Siswa SD, Presiden Jokowi Ditanya Kapan Mulai Sekolah Tatap Muka



Hari ini tepat tanggal 23 Juli 2021 diperingati sebagai Hari Anak Nasional. Tahun ini menjadi tahun kedua perayaan Hari Anak Nasional di tengah pandemi COVID-19.

Pada peringatan Hari Anak Indonesia hari ini, Presiden Joko Widodo menyapa para siswa kelas 5 dari SD Sudimara Cilongok Banyumas Jawa Tengah secara daring.

"Ini dengan anak-anak kelas 5 SD Sudimara Cilongok Banyumas Jawa Tengah betul?" ungkap Presiden Jokowi bertanya.

"Betul," jawab para anak-anak sekolah tersebut. "Bagaimana kabar sehat semua?" tanya Presiden Jokowi.

"Sehat," jawab anak-anak. Dalam momen tersebut, Presiden Joko Widodo memberikan semangat kepada anak-anak tersebut untuk tetap belajar meski di tengah pandemi.

"Anak-anak Indonesia semuanya yang saya cintai, yang saya sayangi kita tau sejak bulan Maret tahun yang lalu kita alami pandemi virus corona dan selama pandemi saya juga tau anak-anak menjadi sering di rumah tidak pergi ke sekolah, tidak bepergian benar?” jelas Presiden Joko Widodo dalam acara Puncak Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2021 yang ditayangkan virtual di akun YouTube KemenPPA, Jumat 23 Juli 2021.

“Tapi saya titip anak-anak tetap semangat belajar, tetap belajar meskipun tidak sekolah. Anak-anak rindu juga ketemu dengan teman-teman dengan kakek neneknya paman bibinya gitu ya," lanjut Jokowi.

Tidak hanya itu saja, yang menarik saat Presiden menyapa para siswa kelas 5 SD, seorang siswi sempat mengutarakan perasaannya tentang sistem belajar jarak jauh.

Siswi tersebut mengutarakan kepada Presiden bahwa ia jenuh terlalu lama belajar dari rumah. "Saya mau tatap muka kelamaan di rumah jenuh," kata siswi tersebut.

Mendapati hal tersebut, Presiden Joko Widodo pun memberikan pengertian kepada para siswa bahwa sistem pembelajaran di sekolah akan berlangsung jika situasi pandemi COVID-19 di Indonesia membaik.

"Anak-anakku semuanya, rencananya di bulan Juli akan dibuka sekolah tatap muka lagi. Tetapi karena pandemi virus corona naik lagi sehingga rencana itu dibatalkan, nanti menunggu situasi pandemi virus corona sudah membaik sudah turun nah kita akan buka belajar tatap muka gitu," kata Presiden Joko Widodo memberikan pengertian kepada siswa-siswi tersebut.

"Ya pak," jawab anak-anak dengan kompak.

Di sisi lain, mengutip kata pengantar oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPPA), pesan Hari Anak Nasional menjadi tantangan tersendiri di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang ini.

Pasalnya, anak menjadi kurang memiliki kesempatan dalam bermain dan belajar, serta meningkatnya kasus kekerasan selama pandemi.

Meski demikian, di tengah tantangan di tengah pandemi ini, semangat dan perayaan Hari Anak Nasional 2021 tidak pernah surut. Maka dari itu tema Peringatan Hari Anak Nasional 2021 adalah "Anak Terlindungi, Indonesia Maju" dan tagline #AnakPedulidiMasaPandemi.