Vaksin Ala Rasulullah ﷺ



Di saat pandemi, kita semua menghirup virus, sebagaimana halnya sejak kita lahir. Kita dilahirkan bersama berbagai bakteri yang hidup bersama kita, dalam nafas kita, dalam makanan kita, bakteri-bakteri juga hidup di kulit kita dan lain sebagainya, Allah lah Yang Menjaga kita.

Ambillah vaksin dari Sayyiduna Nabi ﷺ yang jelas-jelas membawa pada keselamatan.

Berbeda dengan vaksin manusia yang tidak jelas manfaat dan mudharatnya, vaksin sekarang ini diperkirakan berfungsi 60 atau 70 persen saja dalam periode 3 bulan.

Dan vaksin Sayyiduna Nabi ﷺ adalah:

1. Menyantap makanan sederhana, tidak dibuat dari banyak bahan dan tidak diolah dengan pengolahan yang sulit yang menyebabkan susah dicerna perut.

2. Awal yang masuk ke dalam perut di pagi hari adalah; kurma 7 biji. Sayyiduna Rasulullah ﷺ bersabda: “Barang siapa makan 7 biji kurma di pagi hari, maka dia terjaga dari racun dan sihir”. Racun adalah semua jenis penyakit, sementara sihir yang dimaksudkan adalah semua perbuatan dan pandangan dari orang-orang yang dengki.

3. Tidur yang cukup di malam hari. Sayyiduna Rasulullah ﷺ melarang begadang kecuali untuk hal-hal darurat.

4. Baca doa ketika harus keluar rumah:
بسم الله توكلتُ على الله ولا حول ولا قوة إلا بالله

Sayyiduna Rasulullah ﷺ bersabda: “Barang siapa membaca itu maka dia dicukupi dan dijaga Allah”.

5. Jangan menyibukkan diri dengan berbagai media massa; kita di zaman fitnah yang banyak pendusta dipercayai sementara yang jujur dianggap berdusta.

Dikutip dari Khutbah Jum’at, Kairo, 18 Juni 2021M, 7 Dzulqa’dah 1442H Maulana Syekh Yusri Rusydi al-Hasani hafizhahullah.