Video Viral Tambal Ban Online Ada Lanjutannya, Ini Kata Petugas Jawab Celetukan Kocak



Sempat viral ungkapan tambal ban online semenjak tersebarnya video razia yang dilakukan petugas Satpol PP selama penerapan PPKM darurat.

Dalam video tersebut, selain menghibur warganet, rupanya bertebaran pula cemoohan untuk petugas yang terekam dalam video tambal ban online tersebut.

Namun di balik itu, ternyata ada kelanjutannya. Video tambal ban online tersebut tak berhenti pada ekspresi kebingungan si petugas.

Versi lengkap video tersebut diunggah ke Twitter oleh Direktur Perkumpulan Masyarakat Peduli Media Budhi Hermanto lewat akun @budhihermanto pada Sabtu (10/7/2021).

Ia mengunggah video tersebut secara penuh lantaran prihatin terhadap sang petugas Satpol PP, yang berakhir menjadi bahan olokan masayarakat gara-gara kesalahpahaman setelah potongan videonya viral.

"Video tambal ban itu aslinya membolehkan tambal ban buka, kenapa dipotong ya? Kasihan bapak itu jadi bahan olok-olok," kicaunya.

Dalam video berdurasi 18 detik itu, setelah si tukang tambal ban melontarkan celetukan kocak soal tambal ban online, ternyata ada jawaban lebih lanjut dari petugas usai tampak kebingungan memberi respons.

Bukannya melarang, seperti asumsi publik selama ini, petugas tetap mengizinkan tukang tambal ban beroperasi selama PPKM darurat diterapkan.

"Tambal ban monggo, ning [tambak ban silakan, tapi]..." kata dia.

Si tukang tambal ban kemudian memotong ucapannya dengan menjelaskan bahwa dirinya telah menambal ban, dan kembali diperbolehkan oleh petugas.

Kemudian, video TikTok unggahan akun @explorekabkaranganyar itu berakhir dengan pamitan antara para petugas Satpol PP dengan tukang tambal ban.

Kedua pihak sama-sama mengatupkan kedua tangan di depan wajah sembari saling mendoakan supaya tetap sehat, terlebih di masa pandemi Covid-19, yang tengah melonjak tajam saat ini.

Hingga Minggu (11/7/2021), video lengkap tambal ban online itu telah mendapat ribuan retweets dan likes serta tanggapan positif dari warganet.

TONTON VIDEONYA DI SINI.

Sebelumnya, cuplikan awal video tersebut viral, salah satunya setelah diunggah akun Twitter @jowoshitpost pada Jumat (9/7/2021). Di video itu, seorang petugas berbicara pada pria yang diduga tukang tambal ban. Petugas tersebut tampaknya berbicara pada tukang tambal ban dan memberi tahu aturan PPKM darurat.

Ia mengatakan, tak boleh ada layanan yang dilakukan secara langsung hingga tanggal 20, sesuai aturan PPKM darurat, yang diterapkan selama 3-20 Juli 2021. Menurut ucapannya pada pria di balik kamera, segala layanan hanya diizinkan untuk diberikan secara online.

"Mulai hari ini sampai tanggal 20, tidak ada melayani kecuali online," katanya.

Sontak, pria yang merekam, diduga si tukang tambal ban, bingung hingga melontarkan celetukan yang menghadirkan gelak tawa warganet.

"Tambal ban online, Pak?" sahutnya.

Video berdurasi tujuh detik itu berakhir dengan tingkah kebingungan pula dari petugas. Ia hanya menengok ke samping saat mendengar celetukan si tukang tambal ban. Warganet pun terhibur dengan respons spontan pria di balik kamera yang menyebut "tambal ban online".