Viral! Video SBY Ingatkan Luhut: Kurangi Statement yang Bernada Ancaman



Video pidato mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tentang pesan untuk pemerintah kembali viral setelah diunggah politikus Demokrat, Panca Laksana, Selasa, 6 Juli 2021.

Dalam unggahannya itu, Panca mengatakan bahwa Pak SBY mengingatkan Luhut Binsar Panjaitan agar tidak sering mengeluarkan statement bernada ancaman.

"Opung Luhut diingatkan pak SBY tuh jangan sering mengeluarkan statement yang bernada ancaman," cuit Panca melalui akun twitternya @panca66.

Tak hanya itu, Panca juga mengatakan bahwa meski pemerintah punya kekuasaan, akan tetapi kekuasaan itu ada batasnya.

Terlihat dalam video itu, SBY mengingatkan pemerintah agar tidak cepat marah ketika ada masyarakat yang mengkritik.

Selain itu, secara khusus SBY juga mengingatkan Luhut Binsar Panjaitan yang menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi supaya mengurangi statement yang bernada ancaman.

"Kepada Pak Luhut Panjaitan, sahabat saya juga, mungkin harus mengurangi pemerintah ini mengelurkan statement yang nadanya ancaman," ujar SBY dalam video tersebut.

SBY juga mengatakan bahwa meski pemerintah mempunyai kekuasaan tetapi kekuasaan itu bukan digunakan untuk menakut-nakuti rakyat.

Selain itu, SBY dalam video tersebut, berharap kepada pemerintah agar memberikan ruang bagi rakyat untuk menyampaikan kritik dan ketidaksukaannya terhadap negara.

"Rakyat punya hak untuk menyampaikan kritik, pandangannya, ketidaksukaannya kepada negara," ungkapnya.

Terkadang pemimpin, kata SBY, perlu mendengar ketidaksukaan rakyatnya sebagai introspeksi diri.

Berdasarkan penelusuran terkini.id, video pidato tersebut adalah keterangan pers SBY terkait polemik antara Amien Rais dan Luhut Binsar Panjaitan, yang diunggah akun Youtube resmi SBY pada 22 Maret 2018.